11 Cabang Gelar Final, Agenda MTQMN Ke-16 Hari Ini

 

Sebelas–dari 13–cabang lomba dalam Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional (MTQMN) ke-16 di Unsyiah akan menggelar babak final, di Kampus Unsyiah Darussalam, Banda Aceh, Jumat (2/8). Babak final akan dilaksanakan secara serentak.

Wakil Ketua Panitia MTQM XVI Unsyiah, Nashrillah Anis mengatakan, final 11 cabang yang dilombakan itu untuk menentukan para juaranya. Sedangkan dua cabang lain, yaitu cabang aplikasi komputer dan karya tulis penentuan juaranya berdasarkan penilaian dewan juri, para peserta sudah mengirim bahan perlombaan sejak jauh hari.

"Hari ini (kemarin) semua cabang lomba dalam musabaqah ini sudah selesai dilaksanakan. Dan malam ini (tadi malam, red) para peserta yang lolos ke babak final diumumkan," ujar Awenk, sapaan akrab Nashrillah Anis.

Awenk menambahkan, khusus cabang Tilawah dan Maulid akan dilaksanakan pada malam hari di halaman Masjid Jamik Unsyiah. Karena itu dia mengundang warga untuk ikut menyaksikan final kedua cabang tersebut.

Dia mengatakan, saat ini para peserta masih tetap berfokus pada cabang lomba. Sedangkan sebagian lainnya yang sudah selesai lomba memilih berkeliling Banda Aceh sambil berwisata. Apalagi Unsyiah bekerja sama dengan Trans-Koetaradja untuk menyediakan angkutan bagi para peserta, dengan melewati di depan asrama.

Selain itu, para peserta juga banyak berkumpul di arena bazar dan expo yang menyediakan berbagai suvenir dan oleh-oleh. Serta memamerkan sejumlah hasil karya mahasiswa Unsyiah.

 

Enam Regu

Sementara di babak semifinal cabang fahmil Quran, kemarin, enam regu dari enam perguruan tinggi berhasil lolos ke final. Koordinator Humas dan Publikasi MTQMN Ke-16, Dr Zulkarnain Jalil MSi, kepada Serambi menyebutkan, keenam finalis itu masing-masing Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Malang, Universitas Andalas Padang, Universitas Indonesia Jakarta, dan tuan rumah Unsyiah.

Regu tuan rumah lolos ke final, menurut Zulkarnain, setelah di semifinal kemarin unggul atas Universitas Lambung Mangkurat, Kalimantan Selatan, dan Politeknik Negeri Madiun, Jawa Tengah. "Babak final semua cabang termasuk fahmil akan dilaksanakan pada Jumat (2/8) hari ini," ujar Zulkarnain yang juga Wakil Dekan III Fakultas Kelautan dan Perikanan (FKP) Unsyiah. (Serambi Indonesia)