100 Tumbler dan Edukasi, Cara Mahasiswa KKN USK Kurangi Sampah Warga

Sebagai ikhtiar mengurangi penggunaan sampah plastik, mahasiswa Universitas Syiah Kuala (USK) yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN), membagikan tumbler serta edukasi terkait sampah kepada warga Gampong (Desa) Baroh, Kecamatan Mutiara Timur, Kabupaten Pidie.

Kegiatan ini digagas oleh mahasiswa KKN USK XXIII, yang tergabung dalam kelompok 123, yang beranggotakan Muhammad Hafizd Alzikri, Prawaliansyah Iqbal, Siti Azzahra Nur, Maula Fathin,  dan Farisah Sedik Talusob, dengan DPL, Ns. Arfiza Ridwan, MNS.

Hafizd mengutarakan, mahasiswa USK ini melihat permasalahan sampah yang begitu serius, terutama sampah plastik yang ada di Gampong Baroh tersebut. Kegiatan ini mengusung konsep edukasi sampah dan  mengadakan berbagai perlombaan menarik.

“Perlombaan ini diadakan di SD Negeri 2 Ujong Rimba hingga di Gampong Baroh mulai dari anak anak hingga ibu-ibu,” ungkapnya.

Perlombaan tersebut di antaranya Lomba berhitung, mewarnai, rangking 1, cerdas cermat, makan kerupuk ibu ibu, parut kelapa, dan perlombaan menarik lainnya, dimana setiap juara akan mendapatkan hadiah tumbler dan alat alat dapur untuk ibu-ibu.

Mahasiswa KKN ini juga memberikan tumbler kepada semua partisan lomba, dan juga kepada semua anak-anak serta masyarakat lainnya. Mahasiswa berharap

“Dengan pembagian sekitar 100 tumbler ini dapat mengurangi sampah plastik di Gampong Baroh.

Kegiatan ini merupakan bentuk partisipasi mahasiswa dalam membantu masyarakat untuk mengurangi penggunaan sampah, khususnya sampah plastik dari air minum kemasan sekali pakai,” kata Hafizd.

Momen pembagian hadiah perlombaan dan pembagian tumbler ini dilaksanakan pada malam perpisahan mahasiswa KKN di gampong tersebut.

Leave a Reply